Senin, 09 Desember 2013

Dave Koz

Dave Koz (lahir di Encino, California27 Maret 1963; umur 50 tahun) adalah seorang pemain saksofon Jazz halus Amerika.
Koz mengikuti William Howard Taft High School di Woodland Hills, California dan tampil dengan saksofon sebagai anggota band jazz sekolah. Ia kemudian lulus dari UCLAdengan gelar di bidang komunikasi massa pada tahun 1986, dan hanya beberapa minggu setelah lulus, ia memutuskan untuk menjadi musisi profesional. Dalam beberapa minggu setelah keputusan itu, ia direkrut sebagai anggota tur Bobby Caldwell. Selama sisa tahun 1980, Koz menjabat sebagai musisi sesi dalam beberapa band, tur dengan Jeff Lorber. Koz adalah anggota dari band Richard Marx dan tur dengan Marx sepanjang akhir 1980-an. Dia juga bermain di band rumah CBS berumur pendek The Pat Sajak Show, denganTom Scott sebagai pemimpin band.[1]
Pada tahun 1990, Koz memutuskan untuk mengejar karir solo, dan mulai rekaman untukCapitol Records. Albumnya ada termasuk Lucky ManThe Dance, dan Saxophonic.Saxophonic dinominasikan untuk kedua penghargaan Grammy Award dan NAACP Image Award.
Siapa yang menyangka, Indonesia adalah rumah kedua bagi saxofonis Dave Koz. Perkenalannya dengan Peter Gontha, membawa Dave Koz datang ke Indonesia. Ia langsung jatuh cinta dengan negara ini. Hampir setiap tahun ia datang ke Indonesia. Ia pun tak segan berkolaborasi dengan musisi-musisi Indonesia. Tak hanya musik jazz. Grup Ada Band, adalah salah satu band beraliran pop rock yang pernah dibantu oleh Dave Koz.  Lahir 27 Maret 1963 dan besar di lembah San FernandoLos Angeles, AS, Koz merilis album pertama kali tahun 1990. Hingga kini ia sudah meluncurkan 10 album.
Dave Koz memang cukup populer sebagai musisi sax beraliran  urban contemporary, light jazz, dan pop. Namanya disejajarkan dengan saxofonis terkenal lainnya David Sanborn, sehingga dia disebut-sebut sebagai 'Sanborn Kedua'.
Koz mengenal alat tiup ini dari kakaknya. Kemudian ia bergabung dan memutuskan untuk menjadi peniup sax. Ia sempat lulus dari UCLA, namun dunia musik lebih membuatnya tertarik 
Sejumlah album sudah dihasilkannya, diantaranya adalah  Dave Koz, Lucky Man, Off The Beaten Path, December Makes Me Feel This Way,dan Dave Koz & Friends - A Smooth Jazz Christmas (2001).
Sejumlah penghargaan pernah diterima Koz. Diantaranya sembilan kali dinominasikan mendapatkan Grammy Award. Nama Koz juga diabadikan di Walk of Fame. Lagu-lagu Dave Koz yang cukup populer adalah Let It Free, Together Again, Silverlining dan Anything's Possible. Dalam setiap penampilannya, Koz seringkali membuat kejutan-kejutan dengan membawakan lagu-lagu Indonesia. Salah satu lagu yang sering dibawakan Dave Koz adalah lagu Aku Cinta Padamu, milik penyanyi Ruth Sahanaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar